6 Gangguan Yang Akan Terjadi Jika Kamu Kurang Minum

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Menurut teori yang beredar, rata-rata orang normal dapat bertahan 100 jam atau sekitar tiga sampai empat hari tanpa minum air sama sekali. Namun kenyataannya, jika tubuh terkena dehidrasi maka orang tersebut tidak akan bertahan lama untuk hidup.

Kamu sudah mengalami dehidrasi ringan ketika kamu merasa haus. Dalam hal ini kondisi tubuh yang terlihat yaitu mulut kering dan cairan urin akan berwarna kuning gelap disertai bau yang tidak sedap.

Kebutuhan air setiap orang tentu saja berbeda-beda sesuai dengan usia orang tersebut. Pada Anak-anak sekitar 80%, dewasa 60%, dan usia di atas 65 tahun membutuhkan kurang lebih sekitar 50% kebutuhan air untuk tubuh.

Namun, menurut Pakar enzim dan guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine di Amerika Serikat yaitu Prof. Hiromi Shinya MD, mengungkapkan bahwa meskipun setiap orang memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda tetapi untuk orang dewasa dianjurkan minum air mineral 6 sampai 8 gelas setiap hari atau sekitar 1,5 sampai 2 liter per hari.

Berikut adalah 6 dampak negatif yang terjadi pada kesehatan kamu jika kekurangan air:

  1. Berbahaya Bagi Sel-sel Otak

Ketika kamu kekurangan air di dalam tubuhmu, tentu saja akan mengalamai dehidrasi. Hal inilah yang dapat menyebabkan cairan di dalam otak menurun dan juga membuat asupan oksigen yang mengalir ke otak berkurang. Maka, yang akan terjadi adalah banyak sel-sel di otak tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan hal ini dapat membuat otak menyusut.

  1. Dapat Mengurangi Konsentrasi Hingga Lemot

Dampak lainnya adalah kurangnya konsentrasi, mudah lupa, bahkan menyebabkan seseorang menjadi lemot. Hal ini terjadi karena otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, sehingga menganggu fungsi kognitif (kepandaian).

  1. Kulit Menjadi Kusam

Karena kurangnya aliran darah ke kapiler di kulit tidak masikmal, hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi kusam ketika kamu kurang minum.

Share.

About Author

Leave A Reply